Minggu, 16 Oktober 2011

PERANAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK


PERANAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK
DI DESA BUDUAN KECAMATAN SUBOH
 KABUPATEN SITUBONDO
TAHUN 2004


SKRIPSI






Oleh:
Andriyani
NIM:084 001 115

JURUSAN: TARBIYAH
PROGRAM STUDI: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER
JURUSAN TARBIYAH
2004
PERANAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK
DI DESA BUDUAN KECAMATAN SUBOH
 KABUPATEN SITUBONDO
TAHUN 2004

SKRIPSI



Diajukan Kepada
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Jember
Untuk Diujikan Dalam Rangka Memenuhi
Sebagian Persyaratan Memperoleh Gelar
Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I)
Jurusan Tarbiyah
Program Studi Pendidikan Agama Islam

Oleh :
Andriyani
NIM : 084 001 115








SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER
JURUSAN TARBIYAH
2004
PERANAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK
DI DESA BUDUAN KECAMATAN SUBOH
 KABUPATEN SITUBONDO
TAHUN 2004

SKRIPSI

Diajukan Kepada
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Jember
Untuk Diujikan Dalam Rangka Memenuhi
Sebagian Persyaratan Memperoleh Gelar
Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I)
Jurusan Tarbiyah


Oleh :
Nama             : Andriyani
NIM               : 084 001 115
Jurusan         : Tarbiyah
Program Studi Pendidikan Agama Islam

Disetujui Oleh
Pembimbing




Dra. Hj. Titiek Rohanah Hidayati, M. Pd
NIP. 150 190 988
PERANAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK
DI DESA BUDUAN KECAMATAN SUBOH
 KABUPATEN SITUBONDO
TAHUN 2004


SKRIPSI
Dipertahankan Di Hadapan Tim Penguji
Sekolah Tinggi Agama Islam Negari Jember
Dan Diterima Dalam Rangka Memenuhi
Sebagian Persyaratan Memperoleh Gelar
Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I)
Jurusan Tarbiyah
Program Studi Pendidikan Agama Islam

Pada :
Hari         :
Tanggal   :  

Dewan Penguji
                     Ketua                                                            Sekretaris


        __________________                                      _________________
        NIP:                                                                    NIP:
Anggota:
1.                                                                                             (.................................)
2.                                                                                                (.................................)
                                                         
Mengetahui
Ketua STAIN


Drs. H. Arief Furqan, M.A. P hd.

NIP. 150 093 094


MOTTO:

يآاَيُّهَاالَّذِيْنَ امَنُوْاقُوْااَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًاوَقُوْدُهَاالنَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلئِكَةٌ غِلاَظٌ شِدَادٌ لاَ يَعْصُوْنَ اللهَ مااَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَايُؤْمَرُوْنَ }التحريم: 6{
Artinya:      “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu penjaganya malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkannya pada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”. (Surat At-Tahrim: 6 ) (Depag  RI, 1989:591)


  
PERSEMBAHAN:

Karya ini Aku persembahkan kepada:
1.    Ayah dan ibuku terhormat.
2.    Buat kakak dan adikku tercinta.
3.    Buat Kakek dan Nenek tersayang
4.    Kawan-kawanku seperjuangan.
5.    Almamaterku tercinta.






KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji syukur kami ucapkan kepada Allah SWT. atas segala rahmat, taufiq serta hidayah-Nya, sehingga penyusunan skripsi ini dapat terlaksana.
Sholawat serta salam, semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. sebagai Nabi akhir zaman.
Penyusunan skripsi ini dimaksudkan untuk memenuhi persyaratan guna memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jember.
Dengan selesainya penulisan skripsi ini penulis menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada yang terhormat:
1.    Kedua orang tua yang dengan ikhlas telah membesarkan, mengasuh membiayai penulis dan iringan do’a kepada penulis dalam  menuntut ilmu.
2.    Bapak Drs.Arief Furqan M. Pd.  selaku Pgs. Ketua STAIN Jember beserta stafnya, para dosen dan karyawan di lingkungan STAIN Jember yang telah memberikan bimbingan dan layanan yang memuaskan selama penulis belajar.
3.    Ibu Dra. Hj. Titiek Rohanah Hidayati, M.Pd. yang telah membimbing penulis dalam penyusunan skripsi ini.
4.    Bapak Hadi Mulyono, selaku Kepala Desa Buduani Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo.
5.    Sahabat-sahabat terdekatku tercinta dan semua pihak yang telah banyak membantu baik berupa pemikiran, motivasi, dan arahan serta memunculkan inspirasi hingga selesainya penulisan skripsi ini.
Tiada balasan yang penulis sampaikan kecuali ucapan “Jaza kumulah khoiral jaza’” dan semoga amal dan baktinya diterima oleh Allah SWT.
Penulis skripsi ini telah diusahakan seoptimal mungkin, namun penulis menyadari apabila ditinjau dari kacamata keilmuan masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis senantiasa mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif demi perbaikan dan kesempurnaan lebih lanjut.
Akhirnya dengan sedikit berharap mudah-mudahan skripsi ini dapat memberikan manfaat kepada penulis khususnya dan kepada para pembaca pada umumnya. Amin.

Jember, ... Juli 2004

Penyusun


ABSTRAK
PERANAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK
DI DESA BUDUAN KECAMATAN SUBOH
 KABUPATEN SITUBONDO
TAHUN 2004

Oleh:

Andriyani
NIM. 084 001 115
Pendidikan untuk menghasilkan manusia yang berkualitas itu sangat penting bagi manusia pada zaman kemajuan yang serba cepat, lebih-lebih pada abad yang akan datang. Dari sekarang telah terasa kuatnya persaingan antara orang perorang, antara kelompok, juga antar bangsa agar mampu bertahan dalam kehidupan yang serba dinamis. Hidup pada zaman seperti itu tidaklah mudah, anak-anak harus disiapkan sedini mungkin, terarah, teratur dan berdisiplin. Dalam kehidupan seperti itu godaan dan hal-hal yang dapat merusak mental serta moral manusia sungguh amat dasyat. Dan menghadapi zaman seperti itu agama akan terasa amat diperlukan.
Pendidikan agama Islam yang diharapkan sebagai penyeimbang dan kontrol bagi tingkah laku umat manusia ini, nampaknya masih belum mampu berperan sebagaimana yang diinginkan. Untuk itu peranan pendidikan keluarga sangat dibutuhkan sekali dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak semenjak usia dini agar nantinya mereka mampu menjadi tunas bangsa yang baik dan berkualitas. Sebab lembaga pendidikan keluarga memiliki peranan yang amat penting dalam mendidik anak. Karena anak-anak semenjak usia bayi hingga dewasa memiliki lingkungan tunggal yaitu keluarga.
Berangkat dari masalah-masalah tersebut, maka penulis memiliki inisiatif untuk mengadakan penelitian tentang peranan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak di Desa Buduan Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo. Adapun masalah dari penelitian ini adalah bagaimana peranan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak, yang meliputi peranan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai akidah, nilai-nilai ibadah, serta nilai-nilai akhlak. 
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Di mana dalam penelitian kualitatif penjabaran hasilnya tidak berupa angka-angka tapi penjelasan-penjelasan ilmiah. Dalam upaya untuk memperoleh data yang valid, maka dipilih sampel yang mana dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan snawball sampling yakni memilih orang-orang yang dianggap paling mengerti dan kompeten dengan objek yang di teliti. Sedangkan dalam pengumpulan data mengunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Metode observasi dilakukan dengan pengamatan dan pencatatan, interview dilakukan dengan wawancara dengan informan, dan metode dokumentasi dilakukan terhadap benda yang didokumentasikan. Data-data yang sudah didapatkan kemudian dianalisa dengan menggunakan teknik-teknik analisa data reflektif.
Dari penelitian dan pengelolahan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa peranan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak di Desa Buduan Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo bisa dikatakan sudah cukup baik. Hal ini karena banyaknya orang tua yang sadar akan tanggungjawab pendidikan anak-anaknya khususnya yang menyangkut pendidikan agama Islam.
DAFTAR ISI

                                                                                                                    
                                                                                                                              Halaman
HALAMAN JUDUL ............................................................................................      ii
HALAMAN PERSETUJUAN ............................................................................     iii
HALAMAN PENGESAHAN .............................................................................     iv
HALAMAN MOTTO ..........................................................................................      v
HALAMAN PERSEMBAHAN ..........................................................................     vi
KATA PENGANTAR .........................................................................................    vii
ABSTRAKSI ........................................................................................................     ix
DAFTAR ISI .........................................................................................................     xi
BAB I   PENDAHULUAN
              A. Latar Belakang Masalah ......................................................................      1
              B. Alasan Pemilihan Judul ........................................................................      5
              C. Penegasan Judul....................................................................................      5
              D. Rumusan Masalah.................................................................................      8
              E. Tujuan Penelitian...................................................................................      9
              F. Manfaat Penelitian................................................................................    10
              G. Asumsi dan Keterbatasan.....................................................................    11
              H. Metode dan Prosedur Penelitian..........................................................    12
              I.  Sistematika Pembahasan.......................................................................    20
BAB II KERANGKA TEORITIK
A.       Konsep tentang keluarga   .......................................................    22
1.      Pengertian keluarga ...........................................................    22
2.      Peranan keluarga ................................................................    22
3.      Pendidikan keluarga............................................................    26
B.       Nilai-nilai pendidikan agama Islam .................................................    27
1.  Nilai-nilai akidah.........................................................................   28
a. Membaca kalimat tauhid..........................................................   30
b. Menanamkan kecintaan pada Allah dan Rasul........................ 31
2. Nilai-nilai ibadah .........................................................................  32
a. Mengajarkan Al-Qur’an............................................................ 34
b. Mengajarkan sholat.................................................................. 35
c. Mengajarkan puasa................................................................... 36
d. Mengajarkan zakat ..................................................................  37
e. Mengajarkan haji...................................................................... 38
3. Nilai-nilai akhlak.......................................................................... 39
a. Akhlak pada Allah................................................................... 41
b. Akhlak terhadap manusia........................................................ 41
c. Akhlak terhadap lingkungan.................................................... 42
BAB III LAPORAN HASIL PENELITIAN
A.      Latar Belakang Obyek Penelitian.......................................................    47
1.      Kondisi geografis Desa Buduan...............................................    48
2.      Struktur organisasi Desa Buduan..................................................    49
3.      Kondisi masyarakat Desa Buduan.................................................    51
B.       Penyajian Data dan Analisa Data
1.      Peranan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai akidah pada anak             57
2.      Peranan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai ibadah pada anak             60
3.      Peranan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai akhlak pada anak           64
C.       Diskusi Dan Interpretasi .............................................................   68
BAB IV  KESIMPULAN DAN SARAN-SARAN
A.      Kesimpulan.........................................................................................    81
B.       Saran-saran.....................................................................................    82
DAFTAR PUSTAKA                          
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.      Matrik Penelitian
2.      Jadwal penelitian
3.      Surat penelitian dari kampus
4.      Surat pernyataan telah selesai penelitian
5.      Denah penelitian
6.      Pedoman penelitian
7.      Daftar kode

1 komentar: